Karena masih coba-coba apa aja jadi ada.... juga jarang ada berita, semua lama.....

Belajar Batch/DOS

Tidak ada komentar
Tiga tahun, baru tiga tahun ini gue mulai pelajarin apa yang dulu pernah dipelajarin disekolah.

Singkat cerita, gue kenal yang namanya komputer mulai kelas 1 smp, dan gak nyangka apa yang udah gue pelajarin di smp baru bisa berkembang sekarang. Ya sangat telat!!!, itu berarti udah 11-an tahun lalu.

Kemane aje gue selama ini!!!




DOS (Disk Operating System), hal pertama yang gue tau tentang komputer!! Masukin disket di drive A: terus tekan tombol powernya, klasik, dulu banget, 11 tahun kemaren!!!

By the way, mungkin gue harus berterima kasih sama perusahaan gue yang udah membuat gue aktif lagi, yaaa, walaupun gaji gue belom dibayar dari bulan desember kemaren (12/2009 - 3/2010 "4 bulan cuy!!")

catatan: gue office boy yang suka browsing-browsing!!!!!

Oke tuncep koin (to the point, maksudnya!), beberapa hal yang gue inget dulu diajarin guru seperti; dir, rename, format, diskcopy, mkdir, rd, copy, labelx, bigecho, dll.

Nah, 3 tahun kemaren gue kenal yang namanya batch file, batch file itu apa sih?

Batch file itu menurut gue adalah beberapa perintah DOS yang dijadikan satu dalam suatu file .bat (baca: berektensi bat) agar pegunaanya lebih mudah.

Setelah gue inget-inget apa dulu gue pernah diajarin batch? jawabannya: ya, dikit banget, paling sebatas membuat yang kalo pas booting layarnya bisa jadi gambar macem-macem!, ato buat disket dos baru biar gak berulang-ulang ngetik perintah format, kasih label, sama yaaah itu tadi.

Okelah, setelah gue browsing sana-sini, otak-atik, sekarang gue bakal postingin apa yang udah gue dapetin dan kembangin. Silahkan lihat postingan gue yang lebih baru!!!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar