Karena masih coba-coba apa aja jadi ada.... juga jarang ada berita, semua lama.....

Menguatkan sinyal modem USB

Tidak ada komentar
He..he..he..ada yang kasih pinjem modem "AHA" (Olive V-ME110) nih, masih unlimited 60 hari lagi... dengan alasan aktifasi, isi pulsa, instalasi, bla..bla..bla.. Nyobain dah ini modem.

Lumayan buat donlot lagu, tapi sinyal "aha" di sini ga bagus, padahal EVDO 3.1Mbps. Bicara soal modem dan sinyal, pasti ingat mata kuliah jarkom (jaringan komputer) karena yang di bahas disini adalah sinyal modem yang berupa gelombang elektromagnetik.

Gelombang itu sendiri memiliki sifat seperti air (menurut gue sih), dia akan memenuhi ruang yang ditempati, tetapi TIDAK mengalir ke tempat yang rendah. Lalu bagaimana memperkuat sinyal tersebut?

Kalo mau dibrowsing lewat Google banyak cara yang bisa di pake, seperti: Menggunakan antena luar (sistem induksi), Dengan konektor, Dengan extender (memperpanjang) USB, Wajanbolic, dll lengkap dengan penjelasan yang ribet (karena musti diukur-ukur)!!

Dengan prinsip gelombang di atas maka menurut gue cara termudahnya adalah menggunakan kaleng bekas biskuit, itu aja cukup!! nih gambarnya:



Caranya cukup memasukkan modem USB ke dalam kaleng bekas, lalu arahkan ketempat terbuka seperti jendela, pintu kamar, atau di letakkan diruang terbuka.

Satu lagi cara mudah yang kutemukan dari Google, hanya dengan keping DVD bekas dan kaleng bekas obat nyamuk semprot seperti Hit, Baygon, dll. Di buat seperti gambar:



Karena yang ada kaleng bekas biskuit jadi itu yang digunakan, hasilnya pun lumayan, ku uji di speedtest.net. Sebelum menggunakan salah satu cara diatas kecepatanya 0.57Mb/s, tetapi setelah menggunakan metode pertama kecepatannya menjadi 1.26Mb/s. Hasil uji di speedtest.net lupa di capture jadi ga bisa di tampilin. Selamat mencoba!!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar