Karena masih coba-coba apa aja jadi ada.... juga jarang ada berita, semua lama.....

Email MAILER-DAEMON, Email Apakah Itu?

16 komentar
Anda mungkin pernah – atau sering – menerima email dari MAILER-DAEMON@…. atau Mail Delivery System, yang memiliki Subject Failure Notice (atau judul-judul lain yang sejenis). Banyak netter awam yang bingung dengan email-email seperti itu. “Kenapa saya menerimanya, dan apa yang harus saya lakukan?”

Email MAILER-DAEMON (kita sebut saja seperti itu, walau nama “resmi”nya bukan itu) kira-kira sama seperti peristiwa ketika Anda mengirim surat ke sebuah alamat, namun surat itu dikembalikan pada Anda dengan alasan si penerima tidak dikenal, alamat tidak jelas, si penerima sudah pindah, dan sebagainya. Dengan kata lain, ketika Anda menerima email MAILER-DAEMON, artinya email Anda gagal terkirim ke alamat tujuan.


Alasannya tentu bermacam-macam, seperti halnya alasan kegagalan pengiriman surat Anda via kantor pos. Sebetulnya, jika Anda cukup cermat dan bisa berbahasa Inggris (cukup bahasa Inggris yang pas-pasan saja), memahami email MAILER-DAEMON tidaklah sulit. Pada setiap email MAILER-DAEMON, biasanya terdapat alasan kenapa email tersebut gagal terkirim. Alasan-alasan yang paling umum adalah:

1. Over Quota
Biasanya setiap account email memiliki kuota atau kapasitas maksimum. Sebagai contoh Webmail CBN memiliki kuota 5 MB. Jika isi mailbox Anda di Webmail CBN telah mencapai batas 5 MB, maka pada saat itu mailbox Anda telah penuh (over quota), sehingga Anda tidak bisa menerima email-email baru yang muncul.

2. Account Disabled or Discontinued
Jika Anda memiliki email di Yahoo Mail, dan Anda tidak pernah login ke sana selama 6 bulan berturut-turut, maka account email Anda akan dinonaktifkan. Dalam kondisi ini, semua pesan email di mailbox Anda akan dihapus, dan Anda tidak bisa menerima kiriman email-email baru. Ini adalah salah satu contoh kondisi account email “disabled or discontinued”. Account email Anda masih tersedia (belum dihapus), namun ia dalam keadaan tidak aktif atau tidak berfungsi.

3. Invalid Address
Kondisi ini sama seperti ketika Anda mengirim surat ke sebuah alamat yang tidak lengkap (misalnya tanpa nomor rumah, atau tanpa nama kota dan tanpa kode pos). Alamat email yang Anda tulis tidak valid (salah), sehingga email Anda tidak pernah tiba ke manapun.

4. Masih banyak alasan lain. Namun ketiga alasan di atas merupakan alasan yang paling umum.

Bagaimana Mengetahui Alasan Kegagalan Pengiriman Email?

Seperti penulis sebutkan di atas, memahami email MAILER-DAEMON tidaklah sulit. Sebab, pada setiap email MAILER-DAEMON biasanya terdapat alasan kenapa email tersebut gagal terkirim. Bunyi “pesan kegagalan” ini berbeda-beda, karena ditulis oleh admin dari mail server yang berbeda-beda pula.

Berikut, penulis melampirkan beberapa contoh saja dari sejumlah email MAILER-DAEMON yang pernah penulis terima (Catatan: Alamat email blabla@yahoo.com yang terdapat di sini hanyalah contoh).

Contoh 1:

Hi. This is the qmail-send program at cbn.net.id.
I’m afraid I wasn’t able to deliver your message to the following addresses.
This is a permanent error; I’ve given up. Sorry it didn’t work out.

[blabla@yahoo.com]:
User is over quota email returned.

Kalimat “User is over quota email returned” pada contoh di atas merupakan alasan kegagalan pengiriman tersebut. Dalam hal ini, email tersebut gagal terkirim karena mailbox si penerima telah penuh (over quota), sehingga email-email baru tidak bisa masuk.

Contoh 2:

Hi. This is the qmail-send program at server4.myhttps.com.
I’m afraid I wasn’t able to deliver your message to the following addresses.
This is a permanent error; I’ve given up. Sorry it didn’t work out.

[blabla@yahoo.com]:
64.157.X.XX failed after I sent the message.
Remote host said: 554 delivery error: dd Sorry your message to blabla@yahoo.com cannot be delivered. This account has been disabled or discontinued [#102]. – mta137.mail.sc5.yahoo.com

Pada contoh di atas, alasan kegagalan adalah “This account has been disabled or discontinued”. Artinya, account email si penerima sudah tidak aktif atau sudah tidak berfungsi sehingga tidak bisa menerima email-email baru.

Contoh 3:

Diagnostic result from mail delivery at indo.net.id.
Error: Can’t deliver your message to the following addresses.

[blabla@yahoo.com]:
Sorry, no mailbox here by that name. (#5.1.1)

Untuk yang ini, alasannya adalah “Sorry, no mailbox here by that name”. Maksudnya, alamat email tersebut tidak tersedia. Dengan kata lain, si pengirim telah mengirim email ke sebuah alamat email palsu (atau tidak valid), sehingga emailnya tidak pernah sampai ke manapun.

Jadi, tidak sulit bukan memahami email MAILER-DAEMON? Sebab “modal” yang Anda butuhkan hanya kemampuan untuk membaca teks berbahasa Inggris.

16 komentar :

  1. Wah lumayan bagus penjelasannya tentang mailer-diamond. atau Email yg gagal dikirim. Saya syalut juga dengan blog anda, keren bener banyak pariasinya. Boleh dong kasih tau cara membuat blog seperti blog anda ini bro. thanks salam kenala aja.

    BalasHapus
  2. pariaaasiii...?
    wakakakaka

    norak deh , mengganggu tau klo ada tulisan melayang2 di sekitar mouse...

    BalasHapus
  3. saran saya lebih baik memakai jenis font yang tidak kebanyakan renggang seperti font arial, font itu lebih nyaman bila dilihat sehingga pembacapun jadi lebih memahami.
    trimakasih

    BalasHapus
  4. Technical details of permanent failure:
    Google tried to deliver your message, but it was rejected by the server for the recipient domain sm.co.id by nakula.sm.co.id. [103.41.208.47].

    The error that the other server returned was:
    552 size limit exceeded

    Kalo keluar pesan gini artinya apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas, error ini muncul karena ukuran email yang dikirim melebihi ketentuan yang telah ditetapkan oleh penyedia jasa layanan email. Besarnya ukuran email yang dikirim dapat dihitung dari header email, body maupun lampiran file (attachment), atau bisa juga dikarenakan jumlah email yang anda kirim melebihi ketentuan yang telah ditetapkan penyedia layanan email. Untuk kasus ini biasanya penyedia layanan email membatasi jumlah email yang bisa Anda kirim per satuan waktu, umumnya dihitung per jam (misal; hanya dapat mengirim 500 email per jam).

      Hapus
  5. Ada yang ngerti caranya mengembalikan file yg gagal terkirim, karena cuma ada tulisan mailer daemon,tp attach file yg mau dikirim ga ke save/hilang

    BalasHapus
  6. Ada yang ngerti caranya mengembalikan file yg gagal terkirim, karena cuma ada tulisan mailer daemon,tp attach file yg mau dikirim ga ke save/hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas, sudah coba periksa di sent item atau di outbox

      Hapus
  7. Dahsyat temukan senjata rahasia uang gratis usaha hebat eksklusif dan efektif yg belum pernah ad dari bapak rudy.s bisnis yang mudah, cepat menghasilkan dan menjanjikan keuntungan uang tambahan penghasilan dr WEBSITE/TOKO ONLINE, anda seorang mahasiswa, anak sekolah, pns, pedagang, ibu rumah tangga, belum bekerja atu tidak punya pengalaman internet 0 sekalipun bisa menjalankannya lewat handphone android
    Klik + Daftar Now
    website
    http://www.tekanini.com/arisblackberry10
    Hp: 089625480841
    Pin bbm: 5212CF47

    BalasHapus
  8. Dahsyat temukan senjata rahasia uang gratis usaha hebat eksklusif dan efektif yg belum pernah ad dari bapak rudy.s bisnis yang mudah, cepat menghasilkan dan menjanjikan keuntungan uang tambahan penghasilan dr WEBSITE/TOKO ONLINE, anda seorang mahasiswa, anak sekolah, pns, pedagang, ibu rumah tangga, belum bekerja atu tidak punya pengalaman internet 0 sekalipun bisa menjalankannya lewat handphone android
    Klik + Daftar Now
    website
    http://www.tekanini.com/arisblackberry10
    Hp: 089625480841
    Pin bbm: 5212CF47

    BalasHapus
  9. Dahsyat temukan senjata rahasia uang gratis usaha hebat eksklusif dan efektif yg belum pernah ad dari bapak rudy.s bisnis yang mudah, cepat menghasilkan dan menjanjikan keuntungan uang tambahan penghasilan dr WEBSITE/TOKO ONLINE, anda seorang mahasiswa, anak sekolah, pns, pedagang, ibu rumah tangga, belum bekerja atu tidak punya pengalaman internet 0 sekalipun bisa menjalankannya lewat handphone android
    Klik + Daftar Now
    website
    http://www.tekanini.com/arisblackberry10
    Hp: 089625480841
    Pin bbm: 5212CF47

    BalasHapus
  10. [blabla@yahoo.com]:
    64.157.X.XX does not like recipient.
    Remote host said: 550 No such Person at this address.
    Giving up on 64.157.X.XX

    Kalau seperti kenapa gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas. Error 550 berarti bahwa server SMTP tidak dapat mengirimkan email karena mailbox penerima tidak ada. Jika menggunakan shared hosting, silakan hubungi penyedia layanan hosting anda dan minta untuk periksa fungsi email anda, kemungkinan fungsi email anda telah dinonaktifkan. Atau hal sepele seperti adanya attachment yang tertinggal di forwarder juga bisa mengakibatkan hal ini, silahkan periksa forwarder anda.

      Hapus
  11. Hi. This is the qmail-send program at mail.tram.co.id.
    I'm afraid I wasn't able to deliver your message to the following addresses.
    This is a permanent error; I've given up. Sorry it didn't work out.

    :
    User and password not set, continuing without authentication.
    111.67.65.8 does not like recipient.
    Remote host said: 554 5.7.1 Service unavailable; Client host
    [202.137.28.155] blocked using b.barracudacentral.org; Client host blocked
    using Barracuda Reputation, see
    http://www.barracudanetworks.com/reputation/?r=1&ip=202.137.28.155
    Giving up on 111.67.65.8.

    kalau seperti ini datangnya gimana gan cara mengatasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas, kalo ini kena blokir ip nya sama barracudacentral, pengalaman saya ada PC server atau client (bisa juga smartphone) yang kena virus, dan virus tersebut terus menerus mengirim email (spamming), akibatnya ip yang nyepam tersebut di blokir.

      Hapus
  12. This is the mail system at host mx1-hosting.biz.net.id.

    I'm sorry to have to inform you that your message could not
    be delivered to one or more recipients. It's attached below.

    For further assistance, please send mail to postmaster.

    If you do so, please include this problem report. You can
    delete your own text from the attached returned message.

    The mail system

    : host 202.169.44.134[202.169.44.134] said: 550
    5.1.1 : Recipient address rejected: User
    unknown in virtual mailbox table (in reply to RCPT TO command)
    Solusinya dong kak😌

    BalasHapus