Karena masih coba-coba apa aja jadi ada.... juga jarang ada berita, semua lama.....

file, folder, drive partisi, hak permisi akses

Tidak ada komentar
Banyak hal yang sepele tapi ga diketahui sama orang, contohnya gue selalu mendapat nilai baik setiap ujian di lab, bukan karena gue pinter, tapi satu cara menyimpan file yang pernah gue buat di lab supaya ga ada siapa pun yang bisa nge-buka itu file.

Setidaknya selama sistem windows yang di pake maka file itu ga bakal bisa diapa-apain, di buka! ga mungkin, di hapus! tidak bisa, di copy! takkan mungkin....

Gimana caranya? banyak pemograman batch di luar sana, tapi cuma sedikit yang mengerti apa, gimana, fungsi dari masing-masing perintah di dalamnya, pastinya udah pernah liat cara mempassword folder pake cara sederhana!!!

Ya, pake file batch, tapi... dari semua tumpukan perintah, ada satu rangkaian perintah yang paling vital, yang tanpa di pake-in password pun itu folder ga bakal bisa diapa-apain, jangankan hanya di buka, di copy atau di hapus pun ga bakal bisa!!!

Inilah perintah yang gue bilang vital itu "cacls 'folder/file' /p everyone:n /e" nah perintah itu untuk mengunci folder untuk membukanya ganti permission tag nya dengan "f", gimana bias bahasanya ya!!!!

Sengaja biar pembaca cari tau sendiri, untuk cari tau bisa liat di list menu helpnya, tertera disitu bahwa usernya bisa di ganti, terus permisionnya juga menyesuaikan 'n' untuk null ato none, 'r' untuk read, 'w' untuk write, 'c' untuk change ato sama dengan write, dan 'f' untuk full access, trus ganti usernya yang mana silahkan cari tau sendiri.

Yang lebih ekstrim bisa dipake cara sembunyiin partisi drive nya, langsung aja caranya "diskpart" nanti prompt berubah di "diskpart" untuk liat berapa seluruh partisi "list volume" untuk sembunyiin partisi pilih dulu partisinya misal drive D yang mau disembunyiin dan drive D berada di volume 3 "select volume 3" terus ketik "remove letter D", untuk balikinnya "assign letter D"

Itu aja sih pengalaman gue kuliah, dan sekarang lagi sibuk bikin Tugas Akhir.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar